Mau Selebrasi, Tetap Wajib Protokol Kesehatan

Pandemi mengharuskan orang untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan. Tiga yang sering kita dengar ialah menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Tetapi ada satu hal yang perlu diperhatikan ialah “memastikan kondisi tubuh”.

“Memastikan kondisi tubuh” yang dimaksud tentunya dengan melakukan pengetesan untuk Covid-19. Dengan adanya tes antigen penyelenggaraan pengetesan jadi jauh lebih mudah, cepat, akurat, dan murah (penting memilih alat dengan sensitivitas dan spesifisitas sesuai standar). Hal di atas merupakan tindakan yang arif, terlebih jika ingin menyelenggarakan kegiatan yang mengundang kerumunan (bukan kerumunan yang sesak tentunya).

Salah satu penyelenggara acara yang menerapkan tes antigen ialah Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD) ketika menggelar seremoni Corporate Governance Award yang ke 12 untuk mengapresiasi emiten-emiten yang mampu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau sering kali disebut “good corporate governance”.

IICD menyelenggarakan acara ini secara langsung atau dengan tatap muka di Ballroom Financial Club Jakarta, tadi siang, Senin, 31 Mei 2021.

“Dalam acara pemberian penghargaan emiten dengan tata kelola yang baik ini, kita tetap harus melakukan pencegahan secara berlapis-lapis dari mulai  dilakukan tes antigen, pakai masker dan jaga jarak. Kita menyebutnya sebagai 3W atau tiga wajib: wajib tes antigen, wajib pakai masker, dan wajib jaga jarak,” kata Sigit Pramono, Ketua Umum IICD.

Setiap tamu yang menghadiri acara tersebut, wajib melakukan tes antigen yang berada di lobi terbuka tepat di samping ruang acara. Tempat swab dan ruang tunggu hasil terpisah. Tamu baru boleh masuk setelah pemeriksaannya negatif dan mendapatkan surat keterangan dari panitia.

“Semuanya demi keselamatan dan kesehatan peserta, panitia dan seluruh hadirin,” tutup Sigit Pramono.

Published by Arief Bobhil Paliling

amateur

Leave a Reply

%d bloggers like this: