PT Trakindo Utama Donasikan 9000 Alat Tes Antigen

Setahun pandemi Covid-19 berlangsung, sebagai perusahaan yang memiliki komitmen terhadap bantuan kemanusiaan, PT Trakindo Utama, anak perusahaan PT Tiara Marga Trakindo (TMT) yang menjadi dealer resmi tunggal produsen alat-alat konstruksi dan pertambangan besar di dunia: Caterpillar, mendonasikan 9000 alat tes swab antigen melalui Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia (GSSTAUI).

“Tentunya gerakan-gerakan seperti ini di-support oleh Trakindo,” kata Candy Sihombing, Corporate Communication dan CSR Manager Trakindo.

Dari 9000 unit alat tes itu, PT Trakindo Utama mendistribusikan sebanyak 500 unit alat tes swab antigen ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rawa Buntu di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang. Puskesmas Rawa Buntu menjadi sasaran bantuan program kesehatan PT Trakindo Utama karena letaknya yang berdekatan dengan kantor cabang PT Trakindo Utama.

Selebihnya sebanyak 8500 alat tes akan disumbangkan ke berbagai Puskesmas di Jawa Barat, yang proses distribusinya akan diurus oleh GSSTAUI dan Gerakan Indonesia Kita (GITA).

Pada Jumat, 26 Februari 2021, sumbangan untuk Puskesmas Rawa Buntu dibawa langsung oleh Azkhwaldi Aziz (General Manager Java Area Trakindo) dan Windra Permana (Region Manager Trakindo). Empat hari berikutnya, berlangsung pengetesan swab antigen kepada pengunjung Puskesmas dan tenaga kesehatan di sana. Mulai dari ibu hamil sampai pasien yang memiliki keluhan mengarah ke Covid-19. Pengetesan itu disaksikan langsung oleh perwakilan dari PT Trakindo Utama.

Ruang aula kantor Kelurahan Rawa Buntu yang tepat bersebelahan dengan Puskesmas dijadikan tempat pengetesan. Sekira 30 orang dites dengan alat sumbangan PT Trakindo Utama.

Bantuan PT Trakindo Utama itu diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Rawa Buntu, drg. Hartono Mulyana. “Kami sangat mengapresiasi bantuan alat tes antigen yang diberikan oleh Trakindo dan GITA untuk Puskesmas Rawa Buntu,” katanya, dilansir dari laman trakindo.co.id.

Ia juga menambahkan bahwa alat tes antigen membantu mempersingkat waktu penemuan kasus. Selain itu juga, tentu berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan, sudah menetapkan alat tes antigen sebagai alat diagnosa dalam rangka melakukan penelusuran kasus Covid-19.

Selain Kepala Puskesmas, salah satu petugas Puskesmas Rawa Buntu, Rika, mengatakan bahwa sumbangan itu sangat membantu. “Karena itu donasi, jadi kita memanfaatkan untuk orang yang benar-benar butuh,” terangnya.

Sebagaimana layanan tes usap atau Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) di Puskesmas Rawa Buntu yang sering dilakukan setiap Selasa dan Sabtu , yang mendapatkan pemeriksaan antigen juga melalui rujukan dokter di sana. “Jadi alurnya: dokter meriksa dulu, kalau memang itu diharuskan dokter antigen, baru diantigen,” jelas Rini.

Kembali ke Candy Sihombing, ia menegaskan kalau bantuan itu merupakan kontribusi PT Trakindo Utama dalam upaya penanganan dan penanggulangan pandemi. Bantuan tersebut ia harap bisa memicu peningkatan pengetesan sebagai upaya pelacakan kasus Covid-19.

“Gerakan strategis dengan melakukan tes secara masif agar setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dan penanganan secara cepat dan tepat untuk memutus rantai penularan ini harus didukung. Karenanya kami merasa sangat perlu untuk berpartisipasi.”

Tidak hanya mendistribusi alat tes antigen, sebelumnya, PT Trakindo Utama sudah mendistribusikan 77 ribu Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis dari 30 lebih rumah sakit rujukan Covid-19 sejak pandemi ini bermula di Indonesia pada awal Maret 2020. Selain itu ada pemberian sembako untuk masyarakat yang terdampak yang tinggal di sekitar sejumlah kantor cabang PT Trakindo Utama.

PT Trakindo Utama juga menggelar penyemprotan disinfektan. “Tidak lupa pula kami memberikan dukungan edukasi dan sarana cuci tangan pakai sabun untuk sekolah-sekolah dasar binaan di banyak lokasi,” tutur Candy Sihombing.

Published by Arief Bobhil Paliling

amateur

Leave a Reply

%d bloggers like this: