Miles Film Ikut Bersolidaritas Bersama Gerakan Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia

Setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan alat tes antigen, utamanya dalam hal skrining menggantikan alat tes antibodi, inisitaif-inisiatif dari beberapa kelompok di berbagai negara muncul untuk menyediakan alat bagi masyarakat umum dengan harga yang lebih murah, salah satunya adalah Bill & Melinda Gates Foundation.

Serupa dengan gerakan yang mereka lakukan, beberapa pakar kesehatan, seniman, intelektual publik, pengusaha, dan dari berbagai latar profesi lain di Indonesia juga menginisiasi gerakan solidaritas tersebut. Inisiatif itu dikasi nama: Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia (GSSTAUI). Tujuannya tak muluk-muluk: meningkatkan jumlah pengetesan dengan alat yang lebih cepat dan akurat demi terciptanya jalan menuju pandemi terkendali.

Setelah peluncuran GSSTAUI pada 28 Oktober 2020, Miles Film menjadi yang pertama untuk ikut berpartisipasi baik dalam berdonasi maupun menggunakan alat tes. Saat ini, ada dua merek antigen yang sudah bersedia terlibat dalam gerakan, yakni: GenBody dan CePAD. Dua-duanya diproduksi di Bandung dan dua-duanya sudah dapat ijin edar dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Dan satu lagi, dua-duanya memiliki tingkat akurasi mencapai 90 persen.

Melalui GSSTAUI Miles Film mendonasikan sebanyak 120 alat tes yang diperuntukkan buat kru mereka yang akan melakukan syuting. Sebagian alat tes mereka gunakan di kantornya di Jl. RC Veteran Raya, Bintaro dan sebagian lain mereka gunakan di lokasi syuting, di Pelabuhan Ratu.

Pemeriksaan yang dialukan Miles FIlm itu dibantu oleh dua tenaga kesehatan yang mereka sewa sendiri. Salah satu staf Miles Film, Dewi Kartika mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke Tim kerja GSSTAUI setelah kru kembali dari Pelabuhan Ratu, “antigen terpakai semua. Alhamudlillah hasilnya semua negatif.”

Published by Arief Bobhil Paliling

amateur

Leave a Reply

%d bloggers like this: